Pidato Nafia Mahira. Majlis Ta'lim Nurul Hidayah Az-Zikry


 


Assalamualaikum wr.wb 

Alhamdulillah hirobil alamin wabihinasta'in wa'ala umuridunya wadin wasolatu wasalamu ala asrofil ambia'i wa'ala alihi wasobihi ajmain amabadu


Puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah memberi kenikmatan terutama nikmat iman dan Islam serta nikmat sehat walafiat yang tiada bandingannya 


Solawat teriring untaian salam marilah kita curahkan kepada jung-jungan alam yakni habibana wanabiana karim kangjeng Nabi Muhammad SAW.


Yang saya hormati para pemimpin majlis ta'lim Nurul Hidayah Az-Zikri yang telah sabar dalam membimbing, mendidik, membina, dan mengajarkan kita semua. Yang mudah - mudahan dipanjangkan umur nya (aamin), dan disehatkan jasmani serta rohani(aamin aamin ya rab)


Talupa kepada hadirin walhadirot yang saya hormati bapa dan ibu yang telah rela melangkahkan kakinya menuju tempat mulia ini yang mudah - mudahan berjalannya kesini di ridhoi dan di berkahkan oleh Allah SWT. (Aamin)


Dan yang saya banggakan, yang saya cintai teman - teman seperjuangan. Mudah - mudahan dimudahkan dalam menuntut ilmunya (aamin)


Insya Allah dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sebuah pidato singkat tentang "SABAR" yang didalamnya mencakup pengertian sabar dan pembagian sabar. Semoga melalui perantara singkat tentang sabar ini kita semua bisa menjadi orang - orang yang lebih sabar lagi dalam berbagai hal (aamin aamin ya rab)


Hadirin walhadirot rohimahkumullah didalam hidup kita pasti diberi ujian oleh Allah SWT. sekuat apapun kita menolak ujian itu akan tetap singgah kepada kita, maka agar ujian itu berbuah pahala dan mengangkat derajat kita jalan satu - satunya yakni dengan bersabar. Sebagai mana telah disebutkan dalam "Q.S Al - Baqarah ayat 153" yang berbunyi ...


Artinya :

"Wahai orang - orang yang beriman! Mohonlah pertolongan dengan sabar dan sholat; sesungguhnya Allah adalah beserta orang² yang sabar".


Hadirin walhadirot rohimahkumullah dalam pandangan islam, sabar sendiri terbagi menjadi 3 yakni yang


1. "Sabar dalam menjalankan semua perintah - perintah Allah" yang dimaksud sabar dalam hal ini adalah agar kita selalu senantiasa bersabar dan ikhlas semua perintah - perintah Allah agar bisa Istiqomah, sebab Allah telah  menjanjikan surga untuk hamba - hambanya yang telah bersabar dan Istiqomah dalam semua perintah - perintah Allah sesuai dengan syari'at Islam, dan yang 


2. "Sabar dalam menjauhi semua larangan Allah" yang dimaksud sabar dalam hal ini adalah agar kita selalu senantiasa menahan diri untuk tidak melakukan segala sesuatu yang telah diharamkan oleh Allah SWT. secondong - condong apapun diri kita terhadap sesuatu itu, dan yang 


Terakhir adalah "Sabar terhadap keputusan dan ketentuan Allah" sabar dalam hal ini juga termasuk dalam rukun iman yang terakhir yakni beriman kepada kodo dan kodar kita wajib bersabar atas segala sesuatu yang telah menjadi ketetapan Allah entah itu baik atau buruk.


Hadirin walhadirot rohimahkumullah, jadi pesan dalam pidato ini adalah "MASALAH TIDAK AKAN MENJADI RUMIT JIKA KAMU BISA MENYIKAPINYA DENGAN SABAR DAN DENGAN KELAPANGAN DADA".


Sekian pidato singkat dari saya kurang dan lebihnya mohon di maafkan karena saya masih dalam tahap belajar, wawllahu muafik ilaakwamittorik wasalam'ualaikum wr.wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN METODE DAN MACAM-MACAM METODE DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING