Pidato Fitri Ramadani. Majlis Ta'lim Nurul Hidayah Az-Zikry

 


Assallamuallaikum wr.wb 

Alhamdulillah. Alhamdulillahirobbilallamin wabihinasta'in waalaumuryudunya waddin wassollatu wassallamualaasrafil ambiyai wal mursalin waalaalihi wasohbihi azmain amaba'du

Yang saya hormati ibu bapak dan yang saya hormati guru guru pembimbing Majlis Ta'lim Nurul Hidayah Az- zikri yang mudah - mudahan selalu dimualiakan oleh allah swt .

Segala puji puja syukur kita kepada allah swt yang telah memberikan curahan rahmat pada malam hari ini ,magfirah demi magfirah allah turunkan di majlis ini , allah inginkan kita semua yang hadir terhapuskan dosa - dosanya , allah inginkan pada malam hari ini orang - orang yang hadir mendapatkan rahmat kasih sayang dari allah taa'la ,dan allah inginkan orang - orang yang hadir yang duduk ditempat ini hajat - hajat nya di kabul amin yarabbal allamin . 

Solawat beserta salam kepada rasul jungjungan alam yang mana beliau intan permata dalam benteng rohani dalam surga , lubuk akar lautan budi kebukit beliau daki ,bercucuran keringat ,berhujankan anak panah dalam menegakkan kalimat tauhid dipermukaan bumi ini yang berlapaz " Laillahailallah " yakni habibana wanabiyana karim kanjeng nabi besar Muhamad saw . Tak lupa pada keluarganya para sahabatnya ,para tabiin atau tabiin para ulama ulama solihin dan kita selaku umatnya semoga mendapatkan syafaat nya diyaumul akhir nanti. Amin

Berdirinya saya disini bukan untuk mengajarkan para hadirin ,namun ada pribahasa mengatakan tupai pandai melompat , ayam pandai berkokok , buaya pandai berenang , Tapi saya tidak pandai apa apa . Namun saya teringat pesan nabi "Ballagu Anna Walauayya " (katakanlah dari ku walau sepotong ayat ). Marilah kita bahas sebuah ceramah yang singkat ini yang berjudul " Ilmu Adalah Cahaya " . Ilmu adalah cahaya ,ilmu adalah mulia , ilmu yang menjadikan sulit menjadi mudah ,dan dengan ilmu derajat manusia akan lebih tinggi ketempat yang tinggi disisi allah swt .

Sebagai firmannya allah dalam surat al - mujadalah ayat 11 yang berbunyi .

Auzubillah himinassayitonirrrozim Bismillahirrahmannirrahim .

"Yarpaillahulajina amanu mingkum wallazi utul ilma darajah alayah "

Yang artinya :allah akan meninggikan derajat orang orang yang beriman dan diantara kamu yang berilmu pengetahuan beberapa derajat .

Kata imam al -ghazalli dalam kitab Minjahul abidin.

Bismillahirrahmanirrahimi , 

" Alilma fissuduri kal misbahi pil bayyiti . Yang artinya : ilmu yang ada didalam dada bagaikan lampu yang ada didalam rumah . 

Pribahasa mengatakan dengan iman hidup akan terarah , dengan takwa hidup akan barokah , dengan seni hidup akan indah ,dan dengan ilmu hidup akan menjadi mudah .

Ada sebuah cerita disuatu ketika nabi sulaiman a.s disuruh memilih diantara harta ,tahta , dan ilmu , Nabi Sulaiman a.s menjatuhkan pilihan kepada ilmu yang pada akhirnya berkat ia memilih ilmu , harta dan tahta diberikan oleh allah swt.

Jadi kesimpulannya ilmu adalah cahaya ,marilah kita raih cahaya itu untuk menerangi kehidupan kita di dunia dan di akhirat Amin.

Sekian dari saya apabila ada kata kata yang salah mohon dimaafkan karna saya masih dalam tahap belajar . Billahi taufik walhidayah , 

Wassallamuallaikum wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN METODE DAN MACAM-MACAM METODE DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING